Berdasarkan informasi yang dilansir dari tribunnews.com (26/08/2018), kemarin Samsung secara resmi mengumumkan bahwa telah meluncurkan smartphone Android Go pertamanya di Indonesia dengan nama Galaxy J2 Core.
Sekilas, Android Go merupakan salah satu proyek dari Google yang bekerja sama dengan beberapa perusahaan untuk menyediakan smartphone dengan sistem operasi ringan Android Go di RAM 512 MB atau 1 GB.
Samsung Galaxy J2 Core sendiri telah dilengkapi chipset Exynos 7570 Quad-core berkecepatan 1,4 GHz, RAM 1 GB, dan storage internal 8 GB yang dapat ditambahkan microSD hingga 256 GB.

Referensi pihak ketiga
Meskipun spesifikasi hardware yang ditawarkan untuk kelas bawah, namun smartphone ini dapat berjalang dengan lancar berkat kehadiran Android 8.1 Oreo Go Edition yang ringan dan tidak memakan banyak RAM.
Selain itu, Google pun telah menyediakan beragam aplikasi Go, mulai dari Maps Go, Files Go, YouTube Go, Google Go, dan masih banyak lagi yang ringan dan sama sekali tidak memakan banyak memori RAM.
Selanjutnya, smartphone ini juga telah dibekali dengan kamera 8 MP dan kamera depan 5 MP yang dapat menghasilkan foto dengan baik. Sementara layarnya memiliki lebar 5 inci dengan resolusi 960 x 540 piksel.

Referensi pihak ketiga
Tak ketinggalan, baterai berkapasitas 2600 mAh, jaringan 4G-LTE, WiFi, Bluetooth, dan GPS telah hadir dalam smartphone yang satu ini. Harga smartphone ini di Indonesia hanya mencapai Rp 1 juta saja.
Kesimpulan
Dengan harga Rp 1 juta ini, membuat Samsung Galaxy J2 Core mampu menghabisi smartphone Xiaomi maupun OPPO di kisaran harga yang sama. Hal ini disebabkan oleh performanya yang lancar berkat kehadiran Android Go di dalamnya.