Dikutip dari Gizmochina, (29/08/2018) - Selain chipset, komponen lain yang memegang peranan penting dalam sebuah smartphone adalah RAM (Random Access Memory). Komponen yang satu ini berfungsi untuk menampung memori sementara dari setiap proses yang dieksekusi oleh chipset.
Bisa dibilang, RAM juga punya andil menunjang performa dari sebuah perangkat, khususnya smartphone. Oleh karena itu saat kita ingin membeli sebuah smartphone, terkadang kita tak hanya bertanya soal chipset yang digunakan, tetapi juga RAM yang terpasang.
Menariknya, di tahun 2018 ini tak sedikit pabrikan smartphone yang mulai mengemas perangkatnya dengan RAM berukuran jumbo, bahkan hingga 8 GB. Nah! Mau tahu smartphone kekinian apa saja yang sudah mengadopsi RAM sebesar 8 GB? Berikut ulasannya, hanya untuk kalian pecinta DroidLime.

Samsung Galaxy Note 9


Ini Dia 6 Ponsel dengan RAM Super Jumbo
GSMrena
Tentu saja smartphone yang paling baru dan yang kita tahu adalah Samsung Galaxy Note 9 yang di dalamnya ada dukungan RAM sebesar 8 GB. Ya! RAM sebesar itu dipasangkan dengan chipset kelas atas buatan Samsung, Exynos 9810 Octa-core.
Selain dipadukan dengan chipset yang lebih bertenaga, RAM yang ada pada Galaxy Note 9 juga dipasangkan storage berkapasitas jumbo, yakni 128 GB dan 512 GB. Bisa dibayangkan, betapa ngacirnya smartphone premium besutan Samsung ini?

Xiaomi Black Shark


Gizmochina
Bisa dibilang, Black Shark adalah smartphone gaming besutan Xiaomi yang memiliki desain begitu menarik. Tak hanya memiliki bodi luar kekinian, jeroan smartphone ini juga diisi dengan RAM berukuran jumbo. Ya! RAM yang disematkan sebesar 8 GB.
Xiaomi Black Shark juga disokong dengan chipset papan atas milik Qualcomm, yakni Snapdragon 845. Semakin terdengar menarik karena smartphone ini juga dibekali dengan storage berkapasitas 128 GB. Hanya saja, smartphone ini tidak dibekali dengan slot microSD.

OPPO Find X


Gizmochina
Cukup mengejutkan, OPPO akhirnya berani untuk mendatangkan OPPO Find X ke pasar Indonesia. Ditujukan untuk kelas premium, tentu saja OPPO meramu Find X dengan spesifikasi hardware yang bisa dibilang bakal mampu melahap aplikasi dan game-game berat.
Untuk otaknya, OPPO mempercayakan Snapdragon 845. Tak ketinggalan, RAM yang disematkan sudah sebesar 8 GB dan dipadukan dengan internal storage berkapasitas 256 GB. Satu hal yang tak kalah menarik, baterai berkapasitas 3.730 mAh telah dibekali dengan VOOC Flash Charge.

Xiaomi Mi 8 Explorer Edition


Detiknet
Selain memproduksi Black Shark, Xiaomi juga menciptakan smartphone unggulan yang disokong RAM besar, yakni Xiaomi Mi 8 Explorer Edition. Ya! RAM yang dimuat oleh Xiaomi ke dalam smartphone ini sebesar 8 GB. Tak ketinggalan smartphone ini juga sudah dibekali ROM berkapasitas 128 GB.
Agar smartphone ini bisa melahap semua aplikasi atau game-game berat, Xiaomi juga membenamkan chipset yang sudah kalian tahu performanya, yakni Snapdragon 845 Octa-core. Uniknya, Xiaomi mengemas bodi belakang smartphone ini dengan tampilan transparan. Bertenaga dan elegan!

OnePlus 6


GSMAena
Beberapa bulan sebelum diluncurkan, sudah banyak orang yang membicarakan OnePlus 6. Ketika sudah dirilis resmi, smartphone ini pun semakin diburu. OnePlus 6 yang datang sebagai salah satu flagship di tahun ini juga sudah dibekali pilihan RAM 6 GB dan 8 GB.
Untuk RAM 6 GB dipasangkan dengan storage berkapasitas 64 GB. Sedangkan RAM 8 GB dipasangkan dengan pilihan storage 128 GB dan 512 GB. Smartphone ini juga telah dibekali dengan chipset Snapdragon 845 racikan Qualcomm.

ASUS ROG Phone


Gizmochina
Menjawab tantangan dari Xiaomi yang mengahdirkan Black Shark, ASUS pun menjawab dengan memperkenalkan ASUS ROG Phone. Smartphone ini pun membawa DNA ASUS ROG yang memang sudah dikenal di industri gaming, terutama untuk perangkat notebook dan PC desktop.
Layaknya Black Shark, ASUS pun mengemas ROG Phone dengan hardware jempolan. RAM sebesar 8 GB dipadukan internal storage berkapasitas 512 GB. ASUS pun turut membenamkan chipset Snapdragon 845 sebagai otak dari smartphone ini.