Pada tahun 1991, seorang petani tidak sengaja melewati sebuah gua asing di Taman Nasional Phon Nha- Ke, Vietnam. Suara gemuruh air deras yang terdengar dari mulut Gua membuat petani ini ketakutan dan memutuskan untuk tidak masuk ke dalam. Para penduduk lokal pun menamai gua ini Son Doong, namun tidak ada seorang pun yang berani masuk ke sana.
Waktu pun terus berlalu, sampai pada tahun 2009, seorang ilmuan asal Inggris, Howard Limbert kembali menemukan gua tersebut. Setelah berdiskusi dengan timnya, akhirnya mereka memutuskan untuk masuk ke dalam.
Keputusan ini adalah keputusan terbaik yang pernah mereka buat, karena ternyata di dalam gua tersebut terdapat "Dunia Baru"! Setelah mereka masuk, mereka pun menetapkan bahwa Son Doong adalah gua terbesar di bumi ini.
Panjang Gua ini mencapai 5 Km dan lebarnya 150 m..
Tempat unik ini memiliki flora, fauna, sungai, dan bahkan awan tersendiri. Dilansir dari Brightside, berikut foto bagian dalam gua Son Doong yang berhasil dikumpulkan. Keren banget, guys!
1.Untuk masuk ke dalam gua ini, kamu harus turun ke kedalaman 80 meter dengan tali.
2. Ini dia sungai yang mengalir di dalam gua.
3. Bahkan ada danau dan pesisir pantai kecilnya..

Sponsored Ad

4. Gua ini penuh dengan fosil kuno yang bernilai tinggi.
5. Stalagmit setinggi 70 meter juga "tumbuh" di dalam.

6.
7. Isi gua ini benar- benar lengkap, ini hutan yang juga menjadi habitat para fauna, seperti monyet, burung dan kelelawar.

8. Gua ini memiliki keunikan iklim tersendiri. Awan juga bisa terbentuk di sana karena adanya perbedaan temperatur yang dratis di bagian dalam dan luar gua.

9.
10.
11.
12.
Menakjubkan banget kan? Yuk, segera bagikan foto- foto unik ini kepada teman- teman dan kerabat!